Usai Indo MXGP, Babel Kembali Persiapakan Diri Gelar Sungailiat Triathlon 2017

www.visitbangkabelitung.com - Usai perhelatan kejuaraan motocross dunia MXGP pada 4-5 Maret 2017 yang lalu, di Pangkalpinang, Bangka Belitung kembali mempersiapkan diri untuk perhelatan event sport tourism internasional, yakni Sungailiat Triathlon 2017 yang akan dilangsungkan pada 20 -22 April 2017 mendatang, di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Kementerian Pariwisata RI menggelar jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, Senin (27/2/2017). 

Dalam jumpa pers yang menggaungkan 2 (dua) event sport tourism bertaraf internasional, yakni Indo MXGP dan Sungailiat Triathlon ini, Menteri Pariwisata, Arief Yahya selaku tuan rumah juga menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan event sport tourism internasional tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan mendukung Program Wonderful dan Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta wisman serta 265 pergerakan wisnus.

“Even sport tourism memberikan dampak langsung (direct impact) pada ekonomi masyarakat serta memiliki nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif,” kata Menpar.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dalam kesempatan yang sama menginginkan bahwa melalui sinergi antar 2 kementerian ini pada penyelenggaraan event-event sport tourism dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“MXGP dan Sungailiat Triathlon, sudah saatnya apa pun event olahraga tidak boleh berdiri sendiri namun harus bersinergi dan berkaitan erat dengan tourism. Apa pun event olahraga baik yang prestasi, rekreasi, mau pun ekstreme sport wajib bersinergi dengan pariwisata. Semuanya harus didorong terkait dengan tourism agar para atlet tumbuh tegak dan menjadi industri olahraga yang besar,” kata Menpora.

Menpora memberikan apresiasi kepada daerah penyelenggara, dan berharap ini dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk menyelenggarakan event-event olahraga yang dipadupadankan dengan pariwisata.

“Saya melihat ada kesiapan lahir bathin pemimpin dan pemerintah daerah Babel, serta partisipasi sponsor. Hal tersebut saya berharap dapat mendorong keberanian daerah lain untuk dapat membuat event seperti di Babel,” lanjut menpora.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi yang juga hadir pada jumpa pers tersebut mengatakan bahwa 2 even sport tourism ini dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung sebagai destinasi kelas dunia, termasuk kawasan Tanjung Kelayang yang ditetapkan pemerintah sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas Indonesia. Disamping itu, momentum kepariwisataan seperti ini mampu memberikan dampak ekonomi langsung bagi masyarakat melalui biaya hidup yang dikeluarkan oleh wisatawan selama mereka berada di Bangka Belitung.

“Even wisata olahraga ini dapat mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar sehingga memberikan dampak ekonomi dari belanja wisatawan,” kata Rustam.

Sungailiat Triathlon sendiri adalah kegiatan wisata minat khusus, yakni perpaduan antara kegiatan berwisata dan olahraga renang, bersepeda, dan lari. Dimana lokasi dari serangkaian kegiatan tersebut akan melewati sejumlah obyek wisata yang unik dan menarik di Sungailiat, Bangka, diantaranya Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, serta jalan utama Kota Sungailiat itu sendiri. Selain dalam rangka memperingati HUT ke-251 Kota Sungailiat, Sungailiat Triathlon juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara mau pun mancanegara.

Penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2017 ditargetkan akan diikuti 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara, atau dengan kata lain terjadi peningkatan signifikan dibandingkan dengan penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2016 lalu yang diikuti oleh 428 peserta dari 19 negara.

Berdasarkan press release yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bangka, bahwa sejak di-launching pada tanggal 10 April 2016 lalu oleh Menpar Arief Yahya, Sungailiat Triathlon disosialisasikan melalui www.sungailiattriathlon.com  dengan page view sebanyak 45.907 dari 75 negara. Saat ini peserta yang sudah mendaftar sebanyak 532 orang yang berasal dari 15 negara dan 16 provinsi di Indonesia dari 114 komunitas. Jika ditotalkan dengan para official dan pendukung, maka Kabupaten Bangka mengantisipasi sekitar 1000 orang wisnus/wisman pada acara tersebut.

Kegiatan sport tourism yang tahun ini menggaungkan tag line “Lebarannya Penggiat Triathlon Se-Indonesia” memperlombakan 3 (tiga) kategori, yakni Long Distance (1,9km renang, 90km sepeda, dan 21,1km lari), Standart Distance (1,5km renang, 40km sepeda, dan 10km lari), dan Sprint (750m renang, 20km sepeda, dan 5km lari).

Selain itu, Sungailiat Triathlon 2017 juga akan dimeriahkan dengan festival kuliner khas Bangka, bazar kerajinan tangan, atraksi kesenian, dan Tradisi Sepintu Sedulang (Nganggung).

 

Penulis                 : Ernawati Arif

Dokumentasi        : Rafiq Elzan

 

Sumber: 
Disbudpar Prov.Bangka Belitung