Pemprov Babel Bersama Kemenpar RI Gelar Konferensi Pers INDO MXGP 2017

Pangkalpinang – Sambut pelaksanaan seri ke-2 MXGP di Indonesia, yakni Indo MXGP 2017 pada 4-5 Maret 2017 mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI duduk bersama dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Pemerintah daerah Provinsi Babel, pasalnya penyelenggaraan event bertaraf internasional seperti ini dapat menjadi upaya mempromosikan pariwisata Indonesia yang akan berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan.

Untuk itu, beliau mengatakan bahwa publikasi event balap internasional ini harus lebih digencarkan lagi, terutama di media massa, agar dapat menciptakan hype yang luar biasa, sehingga MXGP di Indonesia dapat terlaksana dengan besar dan megah seperti pelaksanaannya di negara-negara lain sebelumnya.

“Budget promosi 50% harus di pre-event untuk menarik para wisatawan, 30% di saat event, dan 20% setelah event. Oleh karena itu, kita berharap bantuan rekan media untuk mempromosikan MXGP ini lebih gencar lagi,” kata Menpar mengawali konferensi pers.

Selain promosi pariwisata di Bangka Belitung, lanjut Menpar, MXGP di sana nantinya kita proyeksikan akan menarik sekitar 5000 wisman. Jika 1 satu wisman menghabiskan 1000 dolar dan 1 dolarnya Rp 13 ribu, berarti akan ada uang sebesar Rp 65 milyar beredar di Pangkalpinang. Sedangkan wisnusnya kita proyeksikan 50.000 orang. Jika 1 satu orang bawa 1 juta, maka akan menambah 50 milyar lagi.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi yang juga hadir saat konferensi pers mengatakan bahwa kolaborasi dan sinergi dari kementerian terkait dalam pelaksanaan suatu event internasional seperti ini, pantas digalakkan, karena akan berdampak positif yang jauh lebih besar ketika kita secara bersama-sama mendukungnya.

Sementara itu, Gubernur Babel, Rustam Effendi mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Babel sangat mendukung penyelenggaraan Indo MXGP 2017. Menurutnya, perhelatan ini tidak hanya akan menjadi momentum yang semakin meningkatkan pariwisata Bangka Belitung, namun juga memberikan dampak bagi perekonomian masyarakatnya.

Terkait kesiapan Kota Pangkalpinang, Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah menyampaikan bahwa persiapan menyambut event ini terus dimaksimalkan, termasuk di dalamnya terkait persiapan hotel, mobil rental, restoran, dan lain sebagainya.

Indo MXGP 2017 sendiri merupakan seri ke-2 setelah pergelaran seri pertamanya yang diselenggarakan pada 25 Februari 2017 lalu, di Qatar. Terdapat 20 seri yang akan digelar sepanjang tahun 2017 dan diikuti oleh lebih dari 27 negara. Pembagian kelas yang dipertandingkan pada Indo MXGP 2017 di Pangkalpinang, yakni MXGP 450cc, MX2 250cc, dan MX Women yang merupakan seri pertama pada rangkaian Grand Prix 2017.

Sementara itu, crossers Indonesia akan tergabung dalam Tim Merah Putih yang berasal dari sejumlah daerah, antara lain Andre Sondakh (Sulawesi Utara), Mario Salontahe (Sulawesi Utara), Yosua Pattipi (Papua), M. Arjun Wicaksono (Jawa Tengah), Ivan Harry Nugroho (Jawa Tengah), Asep Lukman (Jawa Tengah), Rizky Haka (Jawa Tengah), Aldi Lazaroni (DIY), dan 2 crossers wanita yang akan menjadi Duta Women MXGP of Indonesia, yakni Sheva Anella (DIY), dan Suci Mulyani (Jawa Timur).

Acara konferensi pers ini juga dihadiri oleh sejumlah petinggi lainnya, seperti Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto; Sekretaris Daerah Provinsi Babel, Yan Megawandi; Bupati Bangka, Tarmizi H. Saat; Ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia), Sadikin Aksa; EO Indo MXGP, Judiarto; Presiden Triathlon Buddies, Chaidir Akbar; Peringkat 1 Triathlon, Abdullah Mitiche; CEO Sriwijaya, Chandra Lie; dan Founder and Director at Look, Lulu Dewayanti.

 

Sumber                : Disbudpar Prov.Bangka Belitung

Dokumentasi        : Rafiq Elzan