Pantai Sumur Tujuh

Pantai Sumur Tujuh merupakan pantai yang banyak dikunjungi masyarakat khususnya muda- mudi. Selain jaraknya dekat dengan Kota Koba Ibukota Bangka Tengah sekitar 2 Km, juga pemandangan indah dengan pasir putih, dan terdapat 7 buah sumur peninggalan Belanda.
Pulau bangka merupakan salah satu dari propinsi kepulauan di indonesia. Yaitu Propinsi kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari 2 pulau utama yaitu Bangka dan Belitung. Serta disekitarnya juga banyak pulau-pulau kecil lainnya. Mayoritas pulaunya berpasir putih dan masih banyak yang alami alias belum tersentuh.
Pantai Sumur Tujuh yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, tepatnya sekitar 5 km dari Koba yang menjadi ibukota Kab. Bangka Tengah. Letaknya yang tidak jauh dari pemukiman membuatnya menjadi salah satu pantai favorit tujuan rekreasi warga sekitar Koba dan beberapa daerah lain.
Di pantai Sumur Tujuh juga terdapat benda bersejarah yang termasuk peninggalan jaman jepang. Yaitu tujuh buah sumur yang berdiameter 2 meter, konon sumur itu dijadikan tempat untuk menampung air laut melalui lubang didalamnya yang mengarah kelaut dan dijadikan juga sebagai tempat pembuatan garam.  
Tekstur pantai yang landai dan berpasir putih dilokasi tersebut membuat betah siapapun yang melancong ke pantai Sumur Tujuh. Sering juga digunakan warga untuk "mukat" atau menjaring ikan dengan jaring yang biasa digunakan para nelayan.
Di ekosistem terumbu karang disekitar pantai ini banyak ditemui jenis tridacna yang ukurannya masih kecil. Tridacna ini hidup dicelah-celah batu atau karang. Karena tutupan karangnya yang relative kecil, maka keanekaragaman ikan dan biotanya pun relative kecil pula. Tak banyak jenis ikan dan biota khas laut yang ditemukan pada ekosistem terumbu karang di Pulau Gusung Asam.
Ikan yang dijumpai pun ukurannya relative kecil. Dengan ditemukannya beberapa jenis rumput laut disekitar pulau ini sebenarnya mengindikasikan bahwa pulau ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah budidaya rumput laut dimasa mendatang. Selain itu, jika tutupan karangnya baik sehingga keanekaragaman ikannya pun tinggi. Maka, dengan pulaunya yang sangat cantik ditambah dengan hamparan terumbu karang yang terbentang indah. tempat ini Dapat dibayangkan akan menjadi daerah wisata bahari yang sangat potensial untuk dikembangkan.
Sumber : http://www.bangkatengahkab.go.id

 

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah