Pantai Punai

 
Pantai Punai merupakan salah satu pantai indah yang dimiliki oleh Pulau Belitung. Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur. Letaknya kurang lebih 93 km dari ibukota Tanjungpandan atau 18 km dari pusat kecamatan Dendang. Kota terdekat adalah Gantung, kira-kira 35 Km di utara Tanjung Kelumpang. Perjalanan untuk mencapai pantai ini kurang lebih memakan waktu 1,5-2  jam perjalanan, atau kurang lebih 100 Km dari Bandara H. AS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Untuk menuju Pantai Punai, wisatawan dapat menggunakan mobil atau motor yang dapat disewa di hotel tempat menginap, atau bisa menggunakan jasa rental kendaraan lainnya. Namun, ada baiknya untuk mengunjungi pantai ini wisatawan menggunakan kendaraan roda empat, karena jaraknya yang tergolong jauh sehingga akan jauh lebih nyaman.
 
Rasa penat dan letih selama perjalanan akan terbayarkan pada saat kita tiba disana. Pasir pantai yang berwarna putih, di beberapa tempat di sepanjang pantai dihiasi dengan bebatuan granit yang tidak terlalu besar menambah kecantikan pantai ini. Jika kita melihat ke arah laut lepas, maka akan tampak pulau kecil di tengah lautan. Pulau yang berada di lepas pantai tersebut dapat dikunjungi oleh wisatawan. Jika anda ingin mengunjunginya, anda dapat datang ke pantai Punai ketika air laut surut. Maka akan tampak pasir putih yang menghubungkan antara tepi pantai dengan pulau tersebut, pada pulau ini dulunya tempat tinggal bagi burung yang namanya digunakan untuk pantai ini,yaitu Burung Punai. Meskipun saat ini sudah sangat jarang di temui Burung Punai di sekitar pulau.
 
Desa Tanjung Kelumpang sendiri adalah produsen utama penghasil buah kelapa. Banyaknya pohon kelapa yang terdapat di desa ini, membuatnya menjadi desa perkebunan kelapa. Sehingga pantai Punai ini menjadi menarik karena berbeda dengan pantai-pantai umumnya yang ada di Pulau Belitung yang berhiaskan pohon Cemara, maka di Pantai punai wisatawan akan menemukan jejeran pohon kelapa di sepanjang pantai. Ada banyak sarana dan fasilitas yang telah dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat, seperti warung sea-food, cottage, kamar bilas dan berbagai fasilitas lainnya.sehingga para wisatawan tak perlu khawatir saat mengunjungi pantai ini. Pantai Punai memiliki ombak yang tenang dengan warna gradasi warna laut biru dan kehijauan hingga memberikan pemandangan yang luar biasa, pantai ini relatif masih sepi, tetapi akan ramai menjelang akhir pekan.
 
Meskipun pada saat ahir pekan akan ramai oleh wisatawan yang datang berkunjung, namun anda tak perlu merasa khawatir, karena pantainya sendiri luas. Maka anda dapat memilih tempat yang agak tenang dan jauh dari keramaian. Selain itu kontur pasir pantai yang landai, ombak yang tenang, serta air laut yang jernih dan bersih menjadikan pantai ini dapat dijadikan tempat bagi anda yang ingin berenang. Jika ingin melihat kegiatan nelayan, wisatawan dapat mengunjungi pantai ini pada pagi hari, saat nelayan lokal baru pulang dari melaut. Dan jika wisatawan menginginkan ikan segar, dapat pula membelinya dari para nelayan, yang tentunya selain ikan-ikannya masih sangat segar, harganyapun lebih murah.
 

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Belitung
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur