Optimalkan UMKM Kelola Kuliner Hingga Pelayanan Prima

Pangkalpinang – Pemantapan terkait kuliner merupakan salah satu hal terpenting yang secara tak langsung berkaitan dengan sektor pariwisata, namun berdampak signifikan. Demikian dikatakan Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (16/1).

Kunjungan Gubernur beserta jajaran ke Belinyu pada Senin (15/1) lalu memfokuskan pada pengoptimalan para pelaku UMKM, khususnya terkait kuliner. Terkait hal ini, Rivai menyampaikan bahwa kuliner merupakan “magnet” yang kuat dalam menarik wisatawan.

“Kuliner adalah salah satu daya tarik yang paling dicari wisatawan. Jadi, mulai dari proses, pengemasan, hingga pemasarannya harus diperhatikan. Kita sebagai tuan rumah harus dapat menyuguhkan tampilan dan kualitas kuliner yang baik, agar wisatawan senang dan ingin mengulanginya lagi,” kata Rivai.

Disamping itu, lanjut Rivai, penampilan para pekerja atau SDM yang bergelut dibidang kuliner juga tak luput dari perhatian wisatawan, seperti kerapihan, kebersihan, keramahan, dan respon cepat terhadap permintaan wisatawan. Mulai dari yang mengolah hingga yang menyajikan.

“Berbicara wisatawan tak dapat dilepaskan dari pelayanan prima. Setiap personil yang bergelut di bidang UMKM diharapkan dapat memahami pentingnya peran mereka dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan. Dengan kata lain, mereka juga turut meng-humaskan kepariwisataan Babel melalui pelayanannya,” tambah Rivai.

Menurut Rivai, sektor pariwisata tidak dapat bekerja sendiri. Keterlibatan dan sinergi positif sejumlah OPD terkait lainnya sangat lah dibutuhkan. “Dalam pengembangan pariwisata, terdapat bagian-bagian yang diluar kewenangan kita, misal untuk pembangunan atau perbaikan jalan, jembatan, toilet umum di destinasi wisata, ketertiban, dan lain sebagainya. Sarana dan prasarana ini harus dikoordinasikan dengan OPD-OPD terkait lainnya,” tutur Rivai.

Rivai juga menambahkan bahwa sinergi yang sudah ada tinggal dilanjutkan lagi. Hasilnya suatu saat dapat dilihat dan dinikmati masyarakat. Semua upaya terkait pengembangan kepariwisataan Bangka Belitung dilakukan secara bertahap. Kita harapkan upaya ini akan membuahkan hasil dimana Bangka Belitung dapat direalisasikan menjadi “Bali” baru di Indonesia, seperti yang digagaskan Menteri Pariwisata kita.

 

Penulis      : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto           :  www.bsn.go.id

Updater     : Rafiq Elzan