Kunjungan Gubernur ke Belinyu, Ulas Sejumlah Potensi

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung beserta jajaran mengunjungi Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/1). Pelaksanaan kunjungan dalam rangka pembangunan Provinsi Babel, khususnya di wilayah Kecamatan Belinyu yang memiliki sejumlah potensi untuk dikembangkan.

Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel menuturkan terdapat sejumlah lokasi yang ditinjau dalam kunjungan. Tinjauan pertama ke Pesaren, Belinyu terkait abrasi pantai yang dikeluhkan warga setempat.

“Masyarakat mengeluhkan abrasi yang terjadi setidaknya setengah meter setiap tahun. Gubernur juga sudah melihat kondisi tanaman bakau yang sudah tidak memadai lagi untuk menahan abrasi. Untuk itu Gubernur menugaskan Kepala PUPR Babel menindak lanjuti langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan,” tutur Rivai saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1).

Kunjungan dilanjutkan meninjau penyiapan pelayanan KB (Keluarga Berencana) Kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan BKKBN Babel. Gubernur memberikan arahan kepada warga setempat bagaimana hidup terkait KB secara keseluruhan.

Kemudian, lanjut Rivai, rombongan menuju tambak udang milik Ko Aho atau yang dikenal dengan Udang Aho, di Pejem, Belinyu. Di sini Gubernur mengarahkan bagaimana Udang Aho dapat dikelola secara profesional agar menghasilkan udang kualitas ekspor. Disamping itu, pengelolaan ini juga akan berdampak positif pada menyerapan tenaga kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Pejem dan sekitarnya.

Kunjungan dilanjutkan ke Kafe Vina, Belinyu dengan mengumpulkan para pelaku UMKM. Rivai menjelaskan pada kesempatan ini Gubernur mengajak para pelaku UMKM untuk mengelola kuliner sedemikian menarik, mulai dari proses, packaging, hingga pemasarannya, agar wisatawan yang berkunjung merasa senang dan puas, hingga mau kembali ke Babel.

“Pengelolaan kuliner sangat lah penting. Tidak hanya proses hingga pemasarannya saja, namun performance para pegawainya pun turut menjadi perhatian wisatawan,” kata Rivai.

Dari Kafe Vina, rombongan kembali melanjutkan kunjungan ke aset Timah, Belinyu. “Intinya, untuk aset Timah ini, Gubernur meminta agar PT. Timah dapat memberdayakan kembali aset Timah agar dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM dan juga sebagai homestay,” kata Rivai.

Selain Disbudpar Babel,  sejumlah OPD terkait lain yang ikut mendampingi antara lain :

- DPRKP Babel dan Kabupaten Bangka 

- DKP Babel

- BAPPEDA Babel dan Kabupaten Bangka 

- DISBUDPAR Kabupaten Bangka 

- DISPERINDAG Babel dan Kabupaten Bangka 

- KUMKM Babel dan Kabupaten Bangka 

- DINAS ESDM Babel 

- DINKES dan BKKBN Babel 

- Camat Belinyu 

- PT. Timah

Penulis    : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Updater   : Rafiq Elzan 

Foto        : Rafiq Elzan