Kepulauan Memperak: Surga Perawan Di Pulau Belitung

 
Pulau Memperak merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau memperak berada pada koordinat Utara 2’44.343 dan Timur 108’25.304 dengan kedalaman air 0-18m. Untuk tiba di Pulau Memperak rute yang diambil adalah dari Ibukota Kabupaten Belitung Timur, Manggar. kemudian anda bisa menyewa perahu motor dan menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam. Selama diperjalanan anda tidak akan merasa bosan, banyak hal yang dapat dinikmati selama diperjalanan, pemandangan yang sangat menakjubkan dan bukit-bukit kecil di atas lautan yang kehijauan, air laut yang berwarna biru kehijauan memanjakan mata yang memandang. Semilir angin dan sinar matahari menambah sempurna pemandangan.
 
Setibanya di pulau, anda akan disambut dengan butiran pasir putih nan halus di pinggir pantai, dengan birunya laut sebening kaca serta pepohonan kelapa dipesisirnya menambah cantik pemandangan pinggir pantai. Selain bermain di tepi pantai, hal lain yang dapat dilakukan di pulau ini adalah, memancing, snorkling dan diving. Spot terbaik untuk melakulan snorkling dan diving ada di bagian Utara, Timur dan Barat Pulau Memperak. Pada saat ke Pulau ini jangan lupa untuk membawa sendiri peralatan snorkeling, karena masih terbatasnya persediaan  alat untuk snorkeling disini. Dengan air yang jernih, perairan di sekitar Pulau Memperak memang sangat ideal untuk menyelam. Jarak pandangnya yang jauh didalam laut, sekitar 15m akan memudahkan menerawang keindahan biota bawah laut, yang terdiri dari beragam terumbu karang serta ikan warna-warni, spons, anemon dan lain-lain. Pada saat menyelam pastikan anda menggunakan alas kaki atau booties, karena terdapat banyak bulu babi disela-sela terumbu karang.
 

Pulau Memperak juga dijadikan sebagai tempat penyu-penyu yang berada disekitar perairan tersebut bertelur. Jika ingin melihat penyu-penyu tersebut bertelur, maka anda bisa datang pada saat musim kemarau. Dan jika beruntung, anda dapat melihat bayi penyu yang baru menetas atau biasa disebut dengan tukik berlomba-lomba menuju laut dan kemudian tumbuh dewasa. Hingga tiba saatnya bagi mereka kembali ke Pulau Memperak untuk bertelur.


Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni B
Photo: Mina Arvah, Disbudpar Beltim

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur