Jelang Kedatangan Hermawan Kertajaya, Disbudpar Babel Rencanakan FGD

 

visitbangkabelitung.com – Jelang kedatangan Staf Ahli Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bangka Belitung), Hermawan Kertajaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Belitung rencanakan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu, 13 Februari 2019 mendatang.

Kepala Disbudpar Bangka Belitung, Rivai mengatakan bahwa pelaksanaan FGD untuk menghimpun materi kepariwisataan yang akan diberikan kepada Hermawan Kertajaya.

“Nanti, rencananya di FGD itu kita akan menghimpun apa saja isu-isu strategis kepariwisataan yang ada di Bangka Belitung. Termasuk profile dasar tentang karakter kepariwisataan daerah kita,” kata Rivai yang ditemui di ruang kerjanya, Disbudpar Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Kami (8/2/2019).

Selain itu, Rivai juga mengatakan bahwa FGD ini juga dimanfaatkan untuk mempertajam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi (RIPPARPROV).

“Di FGD ini juga kita manfaatkan untuk meninjau kembali RIPPARPROV kita. Kalau masih ada yang keliru, diperbaiki. Kalau ada yang sudah tepat, nanti bisa di pertajam lagi supaya lebih mantap,” katanya.

Menurut Rivai, kehadiran seorang pakar ekonomi akan sangat membantu kepariwisataan Bangka Belitung, terutama dari sisi pengemasan dan pemasaran.

“Kita sangat beruntung sekali dengan adanya sosok seorang pakar seperti pak Hermawan Kertajaya. Saya optimis, beliau akan dapat menciptakan suatu formula yang tepat untuk memajukan pariwisata Bangka Belitung,” katanya lagi.

Rivai berharap fase ini akan membawa pariwisata Bangka Belitung semakin dekat dengan tujuannya.

“Kita semua berharap pastinya bahwa pariwisata yang digerakkan sebagai salah satu sektor unggulan, saat ini sedang memasuki fase baru yang akan membawa kita semakin dekat dengan tujuan yang sebenarnya, yakni menciptakan kesejahteraan atau dengan kata lain meningkatkan perekonomian masyarakat Bangka Belitung,” harapnya.


Penulis   : Ernawati Arif 
Foto        : dok pribadi (Rivai)