Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden (BBG) adalah kawasan agro wisata seluas 200 hektar di dekat Kawasan Wisata Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, yang mulai dikembangkan sejak tahun 2006. Kawasan ini dibangun di atas lahan kritis bekas penambangan timah (gambut dan berpasir) yang dimanfaatkan untuk pertanian tanaman hortikultura, peternakan sapi, penyediaan bibit tanaman dan penyediaan pakan ternak. Di dalam kawasan ini, juga terdapat kolam-kolam yang juga dimanfaatkan untuk kegiatan memancing ikan.
 
Di dalam kawasan ini, dipelahara sapi-sapi dari jenis Friesland Holstein, Limousin, Simental, Black Angus dan Sapi Bali. Dari sapi-sapi ini diperoleh susu segar yang juga dapat dibeli, baik dalam bentuk susu murni maupun olahannya. Sementara itu, kotoran sapi dimanfaatkan sebagai pupuk yang digunakan untuk memberikan kesuburan tanah di kawasan. Kompos yang dibuat di dalam kawasan ini juga diminati oleh masyarakat di Pangkalpinang untuk memupuk tanaman dan juga dimanfaatkan untuk kegiatan reklamasi kawasan-kawasan bekas tambang di Bangka.
 
Di Kawasan BBG, terdapat perkebunan berbagai tanaman buah buahan, palawija serta hortikultura berupa buah-buahan dan sayur-sayuran seperti tomat, cabai, kacang panjang, pepaya, jagung, jambu, kurma, buah naga dan sebagainya. Pengunjung dan masyarakat juga dapat membeli hasil-hasil kebun di BBG.
 
Di sepanjang jalan-jalan di dalam kawasan, terdapat deretan pohon cemara, pohon flamboyant, pohon pucuk merah serta dibeberapa ruas ditanami dengan pohon jambu air. Tempat yang biasanya menjadi spot favorit untuk berfoto adalah pada ruas-ruas jalan yang ditumbuhi cemara serta pohon pucuk merah.
 
 
Kawasan BBG dibuka untuk umum setiap hari sejak pagi hari sampai menjelang malam hari. Di bagian depan, terdapat sebuah restoran di atas kolam serta sebuah warung dimana masyaraat dapat membeli susu dan produk-produk yang dihasilkan oleh BBG. Untuk masuk ke kawasan tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan, dan mengikuti rambu-rambu yang disediakan oleh pengelola.

Penulis: Rusni Budiati
Photo: Rusni Budiati (2), Disbudpar Prov. Babel.(1)
 

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Belitung
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts