Balancing Rock

 
Balancing Rock atau dapat juga diartikan sebagai batu seimbang, adalah salah satu destinasi wisata yang baru di Pulau Belitung, Meskipun tergolong baru. namun tempat ini mempunyai keunikan tersendiri sehingga meskipun akses untuk kesana belum dapat menggunakan mobil atau motor untuk mendekat, para wisatawan tetap saja berdatangan.
 
Bagi para wisatawan yang gemar akan wisata unik, Balancing Rock akan memanjakan mata anda akan keindahan batu-batu besar yang luar biasa. Batu satu ini terbilang sangat unik sekali. Secara logika batu sebesar ini pasti akan jatuh bila melihat minimnya sisi dudukannya. Namun nyatanya batu ini tetap berdiri tegap dan tak tergoyahkan sedikit pun. Oleh sebab itu dinamakan Balancing Rock oleh pengunjung yang datang. Sedangkan warga sekitar belum menamai batu tersebut secara spesifik.
 
Lokasinya berada sekitar 14 kilometer dari Kota Tanjungpandan. Akses jalan utama yang mulus serta beraspal akan sangat memudahkan wisatawan untuk datang mengunjungi tempat ini baik dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor. Letak batu nya kurang lebih sekitar 200 meter dari pinggir Jalan Ranati, Dusun Aik Gelarak, Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pada saat tiba di lokasi ini, para wisatawan harus memarkirkan kendaraan mereka, baik itu motor maupun mobil. Sedangkan untuk yang berkendara menggunakan motor, bisa memarkirkan kendaraan lebih mendekat yakni sekitar 50 meter dari batu tersebut. Setelah itu, bisa menjangkau batu unik itu dengan berjalan kaki dan menyisir punggung Bukit Banitan,dilanjutkan dengan sedikit menaiki tanjakan sekitar 10 meter.
 
Pada bagian atas Bukit Batu Banitan inilah terletak batu Balancing Rock tadi. Batu Banitan berada di atas bukit Batu Banitan Bukit Batu Banitan adalah sebuah batu granit berukuran super besar setinggi 100 meter di atas permukaan laut (MDPL).  Bentuknya oval dan tidak menyatu dengan bagian Bukit Batu Banitan. Dalam jarak kurang dari satu meter, barulah terlihat ada seperti lem perekat yang terlindung oleh pasir, berada di antar sisi bebatuan ini. Tidak ada yang menopang dan pondasinya pun hanya seluas kurang lebih satu meter persegi. Dengan keunikan yang seperti ini, bebatuan ini selalu mengundang decak kagum wisatawan yang datang berkunjung. Mengabadikan diri dengan berswafotoria atau foto bersama adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan wisatawan saat berkunjung ketempat ini.

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni
Photo: Edi Furma

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Heritage, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung, Special Interest
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Kabupaten Belitung
Bangka Belitung, Nature, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur