Angkutan Umum Pangkalpinang dan Sungailiat

 
Bagi para traveler yang ingin bepergian di daerah Pangkalpinang dan Sungailiat dengan biaya yang relatif murah, maka alternatifnya adalah dengan menggunakan angkutan kota. Tarif angkutan kota atau biasa disingkat angkot dalam kota Pangkalpinang sendiri adalah sebesar Rp. 5000/orang, kecuali jika ingin diantar lebih spesifik dan agak jauh dari rute semula maka akan dikenakan sedikit biaya tambahan. Sementara angkutan umum di Sungailiat biasa disebut “mobil Colt” berplat kuning dengan kisaran ongkos Rp. 10.000-15.000/orang.
           
Angkot Pangkalpinang dapat ditemukan ngetem atau menunggu calon penumpang di daerah Terminal Induk Pasar Ramayana. Dari sini, traveler tinggal memilih angkot mana yang ingin dinaiki sesuai dengan rute tujuan. Yang diperlukan hanyalah mengingat warna dari mobil angkot dan arah yang ingin dituju. Tapi bagi yang kurang yakin dapat bertanya pada penduduk lokal di sekitar Terminal Induk Pasar Ramayana tentang bagaimana cara untuk sampai ke arah yang dituju.
           
Berikut adalah warna-warna mobil angkot yang ngetem di daerah Terminal Induk Pasar Ramayana beserta rute perjalanannya:
 
Angkutan Dalam Kota Pangkalpinang
NO WARNA ANGKOT RUTE PERJALANAN
1
Merah
Terminal Induk - Jl. Jendral Sudirman - Jl. Yos Sudarso - Pelabuhan Pangkalbalam
2
Biru Muda
Terminal Induk - Jl. Jendral. Sudirman - Selindung - Terminal Selindung
3
Biru Tua
Terminal Induk - Jl. A. Yani - Jl. Adhyaksa Kacang Pedang - Bukit Merapin - Kampung Melayu Tunatunu
4
Hijau Tua
Terminal Induk - Jl. Masjid Jamik - Jl. Mentok - Terminal Jl. Mentok
5
Putih
Terminal Induk - Jl. Masjid Jamik - JL. Mentok - Jl. Depati Amir - Jl. Solihin GP - Terminal Jl. Mentok
6
Hitam
Terminal Induk - Jl. Depati Hamzah - Jl. Air Itam - Kompleks Perkantoran Gubernur
7
Kuning
Jurusan ke Girimaya ngetem di depan Pegadaian: Terminal Induk - Jl. Soekarno Hatta - Terminal Girimaya

Jurusan ke Kampung Dul ngetem dekat BTC: Terminal Induk - Jl. Soekarno Hatta - Terminal Girimaya
 
Selain angkot mikrolet, para traveler juga dapat bepergian jarak jauh dengan menggunakan mobil bus yang ada di tiga terminal Pangkalpinang, antara lain Terminal Girimaya, Terminal Jalan Mentok dan Terminal Selindung.
 
1. Terminal Girimaya
Terminal Girimaya terletak sekitar 10 menit dari Terminal Induk Pasar Ramayana. Terminal Girimaya melayani rute ke Koba, Lubuk Besar, Toboali, Nyelanding, Sadai, Perlang, Sadap dan yang lainnya di Bangka Selatan. Tarif perorangnya berbeda berdasarkan daerah tujuan, yaitu berkisar antara Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 50.000 dan mulai beroperasi pada jam 5 pagi sampai jam 5 sore.
 
2. Terminal Jalan Mentok
Terminal Jalan Mentok terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Terminal Induk Pasar Ramayana. Terminal ini melayani rute ke Kelapa, Tempilang, Jebus dan Mentok atau kea rah barat Pulau Bangka. Untuk tarif dikenakan berdasarkan tujuan daerah berkisar kurang lebih antara Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 45.000.  Terminal Jl. Mentok beroperasi mulai jam 6 pagi hingga jam 7 malam.
 
3. Terminal Selindung
Terminal Selindung terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Terminal Induk Pasar Ramayana. Terminal ini melayani rute ke Sungailiat dan Belinyu. Tarif yang dikenakan per orang menggunakan mobil Colt ke Sungailiat adalah Rp. 15.000 dan Rp. 25.000 ke Belinyu. Terminal Selindung beroperasi mulai dari pagi sampai jam 7 malam.

Editor: RB

 
Penulis: 
Zahra Afifah

Artikel Lainnya

24 Dec 2017 | Jenny Rizal
20 Dec 2017 | Zahra Afifah
20 Oct 2017 | Various
13 Jul 2017 | Rusni
10 Jan 2017 | Rusni

Artikel Populer

07 Sep 2015 | Rusni
14 Jan 2015 | Syekh Ahmad Sobri (Translator)
09 Mar 2015 | BPS Babel dan Disbudpar Babel
27 Apr 2015 | DR. Budi Brahmantyo