Air Terjun Gurok Beraye dan Makam Keramat di Gunung Tajam

 
Makam keramat yang terdapat pada Gunung Tajam atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Gunong Tajam merupakan makam Syeikh Abdullah. Syekh Abdullah sendiri menurut cerita yang diwariskan turun termurun pada masyarakat Belitong merupakan orang suci (yang dianggap setingkat wali) yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Belitong. Syekh Abdullah sendiri memiliki beberapa orang murid (menurut berbagai versi, muridnya berjumlah 9 orang). Saat sebelum meninggal, Syekh Abdullah berpesan kepada murid-muridnya agar jasadnya dimakamkan diantara bumi dan langit. Beberapa dari murid beliau bingung menafsirkan permintaan terakhirnya itu, setelah saling bertukar fikiran, salah satu murid Syeikh Abdullah yang terkenal dengan kecerdasanya akhirnya mengetahui, maksud dari guru mereka adalah ingin dimakamkan di dataran tertinggi pulau Belitong, yaitu Gunong Tajam. Tidak hanya itu, bahkan kucing peliharaan Syeikh Abdullahpun dimakamkan disamping beliau. 
 
Gunong tajam merupakan puncak tertinggi yang ada di Pulau Belitung, yang ketinggiannya adalah sekitar 500 meter. Meskipun Gunong Tajam merupakan puncak tertinggi, faktanya Gunong Tajam adalah sebuah bukit bukan sebuah gunung. Selain makam syekh Abdullah terdapat pula air terjun yang menjadi daya tarik tempat wisata ini, air terjun yang tidak terlalu tinggi, namun letaknya pas dibawah kaki bukit menjadikannya tempat peristirahatan bagi wisatawan yang hendak berziarah ke makam Syeikh Abdullah, sedangkan dulunya di air terjun ini sering terlihat lutung bergelatungan, bermain disekitar air terjun hingga penduduk sekitar menamainya dengan air terjun Gurok Beraye ( air terjun lutung/monyet bergelantungan). Sekarang ini, banyak yang mendatangi makam Syeikh Abdullah, mereka yang datang mempunyai tujuan yang beragam, ada yang ingin berziarah, tak sedikit pula yang datang karena hal lainya. Termasuk untuk menikmati sejuknya air terjun Gurok Beraye yang memang letaknya masih sangat alami dikelilingi dengan banyak pepohonan rindang yang menambah asri suasana.         
 
Untuk dapat kesana, akses yang digunakan untuk saat ini hanyalah sepeda motor. Karena jalan kesana melalui bagian tepi jurang sehingga sulit melakukan pelebaran. Jarak tempuh dari kota Tanjungpandan kurang lebih 30 Km. pada saat musim hujan, air dari air terjun Gurok Beraye akan melimpah, dan jalanan menjadi sedikit licin. Sehingga diharapkan bagi wisatawan yang ingin kesana lebih berhati-hati.

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Belitung
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung, Special Interest
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Kabupaten Belitung
Bangka Belitung, Nature, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur