127 Event Pariwisata Siap Jamu Wisatawan

visitbangkabelitung.com – Sebanyak 127 event pariwisata telah disiapkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjamu para penjelajah wisata. Keseluruhan event terjadwal dalam calendar of event 2018 yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Disbudpar Babel, Rivai mengatakan bahwa 127 event pariwisata akan didominasi event budaya. Menurut Rivai event budaya atau atraksi budaya masih butuh banyak diperkenalkan dan dipromosikan.

“Dari 127 event pariwisata yang telah kita rangkum dari kabupaten/kota di Babel, akan ada lebih banyak event budayanya. Atraksi budaya ini memang menjadi salah satu daya tarik wisata, karena sifatnya yang unik, menarik, dan dapat dikatakan langka. Terutama wisatawan asing, mereka senang dengan atraksi-atraksi budaya yang tidak ada di negara mereka,” kata Rivai saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1) lalu.

Secara keseluruhan, sebagian besar event akan ada di Kabupaten Bangka Selatan. Menurut Rivai, hal ini dikarenakan gejolak dari peran masyarakat Bangka Selatannya sendiri yang dengan kemauannya ingin mengangkat kebudayaan dan pariwisata di daerah mereka.

“Memang tahun ini sebagian besar event ada di Bangka Selatan. Selain karena semangat masyarakatnya, Pemerintah pun memang secara bertahap dan bergantian akan mengembangkan potensi-potensi pariwisata yang ada di setiap kabupaten/kota di Bangka Belitung,” kata Rivai.

Event-event pariwisata tahun ini, lanjut Rivai, akan lebih bervariasi. Selain dari skala lokal hingga internasional, terdapat sejumlah event baru yang rencananya akan diselenggarakan oleh komunitas penggiat pariwisata di Babel.

“Ada 9 event terjadwal yang akan diselenggarakan oleh GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Babel. Ada Festival Vlog Nusantara, Ceng Beng, Jet Ski Race, Babel 10K, Volley Pantai, dan lain-lainnya,” kata Rivai.

Sementara MXGP dan Sungailiat Triathlon menjadi event internasional yang telah ditunggu-tunggu bagi para penggemarnya, baik domestik mau pun mancanegara. Dari calendar event yang ada diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi para wisatawan dalam membuat rencana perjalanan.

 

Penulis  : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar babel)

Updater : Rafiq Elzan

Foto       : Dok. Bidang Destinasi Disbudpar Babel

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kep. Bangka Belitung