Kolaborasi Marching Band dan Rampak Kendang, Meriahkan Peringatan HUT Ke-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

avatar Imelda
Imelda
Penampilan Marching Band Serumpun Sebalai pada Peringatan HUT Ke-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (21/11)
Penampilan Marching Band Serumpun Sebalai pada Peringatan HUT Ke-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (21/11)

Pangkalpinang. Marching Band Serumpun Sebalai dan Rampak Kendang, meriahkan Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-19 hari ini, Kamis, (21/11) di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Dihadapan Gubernur, Wakil Gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah , Kepala SKPD serta tamu undangan, kolaborasi Marching Band Serumpun Sebalai di bawah asuhan Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Rampak Kendang ASN Provinsi Bangka Belitung mampu tampil memakau.  Kepiawaian mereka memainkan alat musik dipadukan dengan arrsement hasil karya Bobby Purnama dan Arcil Sukarno. Di bawah asuhan Bobby dan Arcil, anggota Marching Band yang berasal dari pelajar dan mahasiswa menyuguhkan tiga lagu yang memberikan nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lagu Bedincak, Yok Miak dan Salah Apa Aku disuguhkan dengan sangat luar biasa.   

Kepala Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Prov. Babel, Rivai bangga, penampilan Marching Band dan Rampak Kendang pada Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini.

“ Kita (Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) bangga, penampilan Marcing Band dan Rampak Kendang hari ini luar biasa. Marching Band Serumpun Sebalai ini sudah dipercaya sejak beberapa tahun terakhir untuk mengisi korsik dan acara hiburan disetiap upacara dilingkup Pemprov. Babel” kata Rivai.

Lebih jauh lagi Rivai mengatakan bahwa semangat personel Marching Band dan Rampak Kendang patut diapresiasi. Penampilan hari ini merupakan hasil kerja keras personel, pelatih serta penanggungjawab dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel.

“ Persiapan sudah dilakukan selama satu bulan sebelum mereka tampil. Jadwal latihan yang padat tidak menurunkan semangat, mengingat anak-anak ini juga harus dapat membagi waktu untuk memenuhi kewajibannya sebagai pelajar dan mahasiswa” jelas Rivai. 

Rivai berharap kedepannya Marching Band Serumpun Sebalai dapat meningkatkan kualitasnya.

“ Marching Band ini merupakan wadah kreasi bagi anak-anak khususnya pelajar dan mahasiswa. Salah satu tujuannya tujuannya untuk mengembangkan bakat anak. Kita juga berharap agar Marching Band Serumpun Sebalai dapat tampil di event-event nasional maupun internasional” ujar Rivai.

 Pada kesempatan ini, Rivai juga mengatakan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memiliki Program Diklat untuk meningkatkan kemampuan personel Marching Band Serumpun Sebalai. 

“ Tahun 2019 ini kita (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel) berupaya memberikan pendidikan khusus bagi personel Marching Band Serumpun Sebalai. Program ini diharapkan dapat memberikan pelatihan dan pengembangan wawasan tentang pelatihan Marching Band secara teknis maupun non teknis.Peningkatan kompetensi anak-anak ini sesuai dengan tema yang kita usung yakni “ Quality Development For The Future” ujar Rivai.