Hadiri Lomba Lintas Alam Menumbing 2019, Begini Pesan Rivai

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Kepala Disbudpar Babel, Rivai yang mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menghadiri Opening Ceremony Event Lomba Lintas Alam Menumbing 2019, Minggu (24/11/2019)
Kepala Disbudpar Babel, Rivai yang mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menghadiri Opening Ceremony Event Lomba Lintas Alam Menumbing 2019, Minggu (24/11/2019)

MUNTOK, BANGKA BARAT – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rivai, mewakili Gubernur Kep.Babel, Erzaldi Rosman, menghadiri Kegiatan Lomba Lintas Alam Menumbing Tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Barat.

Kegiatan Lomba Lintas Alam Menumbing 2019 merupakan agenda tahunan yang di gagas dan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bangka Barat, dimana kegiatan tahun ini mengusung tema ”Dengan Lomba Lintas Alam Menumbing 2019, Kita Ciptakan Generasi Muda yang peduli Lingkungan dan Sejarah Guna Mewujudkan Pariwisata berkelanjutan yang berbasis Budaya”.

Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini, dilaksanakan di Taman Hutan Raya Menumbing, Minggu (24/11/2019) pagi, dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Effendi.

Kepala Disbudpar Babel, Rivai, mengatakan, diharapkan dengan kegiatan ini dapat membangun sportivitas, persaudaraan dan konservasi alam bagi generasi muda yang berbasis pada budaya, dimana Bukit Menumbing ini merupakan suatu tempat bersejarah bagi Babel dan Indonesia.

"Dengan adanya program - program yang berkaitan dengan alam yang dilaksanakan oleh Pemkab. Bangka Barat, maka kelestarian alam akan selalu terjaga dengan baik. Selain itu, menurutnya yang paling penting, aspek nilai sejarah yang ada di kawasan Bukit Menumbing tidak boleh diabaikan,"jelas Rivai.

"Lomba lintas alam yang diikuti oleh generasi muda, tentunya  akan memberi jaminan kelanjutan lingkungan alam ini ditumpangi, diramu dengan tetap dijaga nilai sejarah yang ada di Kabupaten Bangka Barat, masih kata dia, ini pun tidak boleh kita abaikan karena berbicara masalah sejarah itu adalah masa lalu, masa lalu merupakan konteks kelanjutan kehidupan kita di masa kini dan di masa yang akan datang.

Pada tahun 2019 ini, Lomba Lintas Alam Menumbing diikuti sebanyak 89 tim, yakni dari unsur TNI, POLRI, Satpol PP, Komunitas Pencinta Alam, Mahasiswa, pelajar se-Babel dan 2 tim peserta undangan dari Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan Lomba Lintas Alam pada tahun ini terbagi dalam dua kategori, yakni, Pertama, 5 pos untuk peserta lomba tim professional dan yang Kedua, 7 pos untuk peserta lomba tim advance.

Start lomba lintas alam di Pos 1 yang berlokasi di kawasan kaki Bukit Menumbing dan finish di Puncak Bukit Menumbing.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan itu, Asisten Sekda Bangka Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rozali, Kepala Disbudpar Kab.Bangka Barat, Suwito, Sejumlah Kepala OPD di lingkup Kabupaten Bangka Barat, unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Barat dan unsur terkait lainnya.

Sumber                 : Disbudpar Babel

Penulis                 : Agus Purnama/Hendrianto/Riki

Fotografer           : Hendrianto/Riki

Editor                   : Agus Purnama

Bidang Informasi : Sekretariat