Rivai Ucap " Alhamdulillah", 4 Event Babel Masuk Calender of Event Wonderful Indonesia 2020

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah merupakan empat dari 100 atraksi yang lolos masuk Calender of Event Wonderful Indonesia 2020. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel, Rivai mengatakan bahwa empat atraksi Babel yang lolos merupakan bagian dari sepuluh atraksi yang diminta oleh Kemenpar RI.


“Sepuluh event yang diminta Kemenpar sudah kita penuhi. Kesepuluh event tersebut adalah Toboali City On Fire, Festival Tanjung Kelayang, Bangka Culture Wave, Sungailiat Triathlon, Jelajah Pesona Jalur Rempah, Festival Jiran Nusantara, Ngembarik de Belitong Timor, Festival Karang Lintang, Pesona Belitung Beach Festival dan Belitung Creative Week. Alhamdulilah, khusus dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari tahun ke tahun mengalami penambahan. Tahun 2018 ada dua event yang masuk dalam daftar CoE Wonderful Indonesia yakni Festival Tanjung Kelayang dan Bangka Culture Wave. Tahun 2019 bertambah satu yakni Toboali City On Fire. Dan Alhamdulilah hari ini bertambah lagi satu yakni menjadi empat event : Toboali City On Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah ” ujarnya.


Sejalan dengan arahan Menpar, Rivai mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung event-event yang masuk dalam 100 CoE Wonderful Indonesia 2020 serta event-event lainnya di Babel agar jumlah kunjungan wisman dan winus dapat mencapai target.


Beliau juga menekankan bahwa persiapan pelaksanaan keempat event tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Sejalan dengan persiapan, beliau juga berharap agar dapat dilakukan promosi secara massif agar kegiatan ini nantinya dapat memberi nilai bagi masyarakat di Bangka Belitung.


“ Keempat event ini dapat memberikan nilai ekonomi bukan kepada pihak penyelenggara tetapi yang paling penting peningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat melalui pendapatan akomodasi, transportasi, kuliner dan souvenir” ujar Rivai.