Promosikan Pariwisata Babel, Kemenpar dan Disbudpar Ajak Forwapar Gali Surga Wisata di Bumi Serumpun Sebalai

avatar Imelda
Imelda

Pangkalpinang. Tidak pernah habis cara untuk mempromosikan potensi pariwisata di Indonesia. Berbagai strategi dapat dilakukan, salah satunya menggunakan media massa.Kekuatan media massa telah terbukti secara massif menyebarluaskan informasi pariwisata dengan cepat dan luas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai melalui Kabid.Promosi dan Pemasaran Fajri Djagahitam mengatakan bahwa tanpa adanya promosi serta informasi-informasi pariwisata,  banyak destinasi wisata yang tidak diketahui oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Pemerintah sudah melakukan berbagai strategi namun keterlibatan wartawan dan media juga sangat dibutuhkan.

" Kegiatan Famtrip ini merupakan salah satu dukungan promosi destinasi wisata yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata RI, di sini kita sebagai fasilitator mendukung kegiatan ini. Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan destinasi-destinasi wisata ke dunia luar. Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta,  yakni 15 orang dari wartawan dari media nasional yang termasuk dalam anggota Forwapar serta 3 orang dari Kemenpar " kata Fajri saat menyambut kedatangan peserta Famtrip di Restoran Gale-Gale Pangkalan Baru, Selasa (24/9).

Selanjutnya Fajri mengatakan bahwa peserta akan mengikuti rangkaian acara Famtrip

 yang akan berlangsung sampai Kamis (26/9) mendatang. 

" Kita (Disbudpar),  sudah menyusun rangkaian acara sampai 2 hari kedepan. Malam ini,  peserta akan audiensi dan makan malam dengan Bupati Bangka Barat. Kemudian besok pagi kita mulai bawa peserta mengeksplor destinasi di sana. Kita akan membawa peserta untuk menikmati kuliner seribu kue Kota Mentok dan keliling Kota Mentok msngunjungi Masjid Jami lalu ke Kelenteng.Dilanjutkan ke Wisma Renggam. Dilanjutkan lagi ke salah satu tempat Soekarno Hatta yakni Pesanggrahan Menumbing dan berakhir Museum Timah." jelas Fajri. 

Beliau juga menuturkan bahwa peserta juga akan di bawa mengunjungi kawasan Perencanaan KEK di Pantai Timur Sungailiat, Kabupatsn Bangka dan beraudiensi dengan Bupati dikediamannya. 

Hari terakhir peserta akan mengunjungi kawasan rencana KEK di Pantai Semujur Bangka Tengah.Sebelum kembali ke Jakarta,  peserta juga akan di ajak untuk menikmati kuliner di Pangkalpinang.

Pada kesempatan ini, Ketua Forwapar Johan Sompotan mengatakan bahwa Forwapar beranggotakan lebih dari 130 media baik nasional maupun internasional. Menurutnya kegiatan Famtrip ini merupakan salah satu bentuk dukungan insan media untuk pengembangan pariwisata di Indonesia salah satunya pariwisata Bangka Belitung.

" Bangka Belitung terkenal dengan keindahan wisata pantai dan bahari,  yang memiliki keunikan hamparan pantai dengan jejeran batu granit berukuran raksasa. Keunikan ini ternyata bukan hanya dapat dinikmati di Pulau Belitung saja seperti yang diketahui banyak orang. Oleh karena itu,  melalui kegiatan Famtrip ini kita menggali surga wisata di Pulau Bangka bukan hanya keindahan wisata pantai tetapi termasuk juga wisata sejarah, budaya dan kuliner. Kita harap melalui kunjungan dan publikasi destinasi-destinasi ini nanti wisatawan dapat menikmati wisata selain wisata pantai dan wisata bahari. Tujuan akhirnya nanti dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung " ujar Johan