XO Babel 2016 Semarakkan Hut Ke-16 Babel

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Extra Ordinary (XO) Babel 2016 resmi dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Sahirman mewakili Yuswandi A. Temenggung selaku Plt. Gubernur Babel di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Kamis (03/11/2016). Acara pembukaan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai, Wakapolda Babel, serta sejumlah pejabat Esselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung beserta jajaran, dan para tamu undangan lainnya.

Sahril Sahidir, General Manager harian Babel Pos yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana mengatakan, “XO Babel 2016 merupakan hajatan ke-5 dalam rangka turut menyemarakkan HUT Babel. Tahun ini, XO Babel diikuti oleh peserta dari luar daerah seperti UMKM Lombok, Palembang dan Lubuk Linggau. Total ada 38 stand pameran dan 12 tenda kerucut yang diisi oleh peserta dari instansi/SKPD provinsi, kabupaten/kota, BUMD, BUMN, BUMS, perusahaan swasta nasional, pedagang kuliner, pedagang kerajinan, dan lembaga lainnya. Semoga acara ini bisa dilaksanakan setiap tahun dan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah.”

Sedangkan Sahirman saat menyampaikan sambutan Plt. Gubernur, mengatakan “Kegiatan XO Babel 2016 yang menampilkan dan mengangkat produk seni budaya daerah harus terus dilakukan agar budaya Babel tetap terjaga. Disamping itu, kegiatan ini memegang peran penting sebagai upaya memberi informasi kepada masyarakat tentang hasil pembangunan sekaligus merupakan penentu terhadap hal-hal apa saja yang bisa dilakukan kedepan untuk membangun Bangka Belitung.”

Penyelenggaraan kegiatan ini, lanjut Sahirman, diharap dapat disajikan secara lebih informatif, edukatif, dan rekreatif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Sahirman juga tidak lupa mengajak pengunjung membeli dan mencintai produk-produk hasil kreasi bangsa sendiri yang dipamerkan pada kegiatan ini.

Pengguntingan pita oleh Sahirman di pintu masuk area pameran menandakan bahwa XO Babel 2016 secara resmi dibuka. Sahirman beserta rombongan mengunjungi beberapa stand sambil berbincang dengan penjaga stand. Rombongan menyempatkan melakukan kampanye stop penyalahgunaan obat-obat terlarang di stand milik Badan Narkotika Nasional (BNN) Babel.

Selain pameran, kegiatan ini juga menampilkan seni budaya Bangka Belitung berupa pagelaran tari daerah, penampilan group musik pelajar, dan penampilan teater sekolah.Kegiatan ini dapat dikunjungi masyarakat selama 4 hari, mulai 03 November hingga 06 November 2016, di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang. 

 

Dokumentasi          : Rafiq Elzan

Editor                     : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung